Home / Profil MPII / Nilai Perjuangan Majelis Pemuda Islam Indonesia

Nilai Perjuangan Majelis Pemuda Islam Indonesia

Jihad fi Sabilillah

Pada dasar kata arti jihad adalah “berjuang” atau “ber-usaha dengan keras” , jadi, makna Jihad tidak harus berarti perang dalam makna fisik. Jihad menjadi nilai dasar dalam setiap perjuangan, jihad bukanlah bentuk aktivitas, tapi jihad adalah spiritualitas. Semua aktivitas dan gerakan, harus berdasarkan atas spirit Jihad.

‘Izzul Islam wal Muslimin

Al-Izzah, arti semula adalah keunggulan, kemenangan, kejayaan, atau kedudukan baik. Artinya adalah demi kejayaan Islam dan Umat Islam. Izzah di sini akan digunakan lebih pada pengertian harga diri Islam adalah agama Allah, agama yang paling sempurna, untuk segala orang dan untuk segala zaman. Umat Islam, di mana saja, kapan saja, berhak sepenuhnya atas harga diri yang sesuai dengan ketinggian martabat agamanya, bahkan wajib memperjuangkan tercapainya harga diri yang luhur itu serta mempertahankannya dengan segala kemampuan yang ada. Percaya atas kekuatan diri umat Islam sendiri, dengan pengertian bahwa ajaran Islam mampu menggerakkan umat Islam untuk menegakkan dan mempertahankan agamanya, umat Islam mampu memelihara, mengembangkan, dan mempertahankan agamanya¸dan tidak menggantungkan diri kepada bantuan, apa lagi belas kasih pihak lain.

Amar Ma’ruf Nahi Munkar

Arti sekata demi sekata dari amar ma’ruf nahi munkar ialah; Amar ma’ruf; menyuruh berbuat baik, dan Nahi munkar; mencegah berbuat buruk. Menurut istilah (terminologi) Islam, amar ma’ruf nahi munkar adalah usaha sekuat-kuatnya dengan cara yang sebaik-baiknya menggunakan alat yang ada untuk tercapainya tujuan terlaksananya segala kebaikan yang diajarkan oleh Islam dan tercegahnya segala keburukan yang dilarang oleh Islam.

Saddudz Dzari’ah

Saddudz Dzariah artinya menutup jalan ke arah bahaya. Semua hal atau perbuatan yang terang menimbulkan bahaya atau menimbulkan sesuatu yang terlarang, menurut Islam dihukumi terlarang, meskipun perbuatan/hal itu sendiri aan sich semula tidak terlarang.

Al-Ukhuwwah

Al-Ukhuwwah adalah ikatan jiwa yang melahirkan perasaan kasih sayang, cinta, dan penghormatan yang mendalam terhadap setiap orang, di mana keterpautan jiwa itu ditautkan oleh ikatan rasa yang sama, tanggung jawab yang sama dan tujuan yang sama.

About ADMIN MPII

Check Also

Profil Singkat Majelis Pemuda Islam Indonesia

Majelis Pemuda Islam Indonesia (MPII) merupakan organisasi perkumpulan pemuda Islam yang didirikan oleh perwakilan aktivis muda …